Tuesday 31 May 2016

Banyak orang suka menggerakkan tubuhnya. Bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti irama musik, menggerakkan kepala diiringi musik kesukaan, terasa sungguh menyenangkan. Kok bisa ya? Menari memang membahagiakan karena menari akan mengeluarkan emosi terpendam sehingga dipercaya akan menyenangkan hati. Bahkan menari menjadi salah satu terapi depresi di berbagai belahan dunia.

Tahukah Anda bahwa menggerakkan tubuh seirama musik kesayangan ternyata bukan hanya dapat menyenangkan hati juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita?

Manfaat menari untuk kesehatan antara lain:  
1. Menari bisa menurunkan risiko dementia (penurunan daya ingat karena faktor usia) sebanyak 76 persen. Padahal membaca dan bermain scrabble saja cuma bisa menurunkan risiko dementia sebanyak 50 persen. Apalagi ditambah rutin mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya omega-3, maka ingatan Anda akan selalu terjaga baik hingga lanjut usia.

2. Sebuah penelitian dari Journal of Aging and Physical Activity menyebutkan, beberapa jenis tarian seperti tango terbukti dapat memperbaiki keseimbangan tubuh dan membantu koordinasi tubuh tetap terjaga baik hingga tua.

3. Studi yang dilakukan di Glasgow Caledonian University tahun lalu menunjukkan bahwa gaya tarian country dapat memberikan kekuatan untuk stabilitas, pergelangan kaki dan tungkai kaki.

4. Gerakan berputar dan berjalan mundur seperti pada gerakan tarian Michael Jackson diteliti dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pada pasien penderita penyakit Parkinson dan pasca terkena stroke.

5. Peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York mengatakan bahwa para lansia yang mencoba tarian cha-cha mungkin mengalami penurunan risiko penyakit Alzheimer dan membuat tubuh bugar. Berlatih tarian cha-cha bagi lansia juga akan memberikan perlindungan terhadap penyakit yang sering mengancam orang tua seperti stroke dan diabetes.

6. Untuk wanita, jangan malas untuk rutin latihan belly dancing. Belly dancing dapat membantu memperkuat otot perut dan panggul bawah perempuan. Hal ini dapat membantu meningkatkan sensitivitas dan orgasme selama berhubungan seks. Hal ini juga bisa mengurangi masalah wanita seperti kontrol kandung kemih, terutama setelah melahirkan. Tarian ini juga membuat otot perut menjadi lebih kencang, memperkuat lengan dan otot punggung secara efektif.

Selain itu rajin menari bisa membuat orang banyak berkeringat. Perlu diketahui bahwa tubuh yang berkeringat akan membantu Anda menurunkan berat badan, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

sumber:
topik9.com
kawankumagz.com

0 comments:

Post a Comment