Friday 28 August 2015

Penggunaan produk perawatan kulit ataupun make up memang dapat mencerahkan kulit dalam sekejap. Namun keduanya memiliki banyak kelemahan seperti harga yang relatif mahal, hasil yang tidak permanen hingga banyaknya kandungan kimia yang berbahaya sebagai campurannya.
Maka dari itu mulailah mempercantik diri dari dalam. Isi lambung Anda dengan makanan sehat agar efeknya dapat dirasakan pada kulit Anda, kulitpun menjadi sehat sekaligus cerah. Selain apa yang kita makan, pola makan yang baik dan gaya hidup sehat menjadi dua syarat mutlak. Pepatah lama mengatakan YOU ARE WHAT YOU EAT, yang berarti kondisi fisik dan psikis dipengaruhi seacara langsung oleh makanan yang kita konsumsi. Namun Anda juga perlu memberi perhatian pada apa yang dimakan.

Hindari makanan di bawah ini untuk menjaga kulit Anda tetap kinclong dari dalam sehingga tidak memerlukan lagi banyak make up dari luar.

Gula dan makanan manis lainnya
Kelebihan gula akan menyebabkan kerusakan molekul di dalam kulit yang dinamakan glycation. Teorinya, ketika Anda memakan gula yang dapat diserap dengan mudah oleh sel-sel dalam tubuh, maka gula tersebut akan bereaksi dengan protein dan menghasilkan 'advanced glycation end products (bisa disingkat AGES). Hal ini disampaikan oleh Dr. Ariel Ostad, MD, dari American Academy of Dermatology. AGES dapat merusak sistem kolagen dalam kulit, dimana kolagen adalah protein yang sangat berguna untuk menjaga kulit tetap muda dan kenyal.

Gula juga dapat mempromosikan pertumbuhan sel yang bisa menyumbat pori dan memicu tubuh untuk mempromosikan lebih banyak minyak. Kedua faktor ini dapat menyebabkan jerawat.


Makanan pedas
Bagi wanita usia baya menuju masa menopause, sebaiknya menghindari terlalu banyak makan makanan pedas karena makanan pedas akan memperburuk proses perbaikan jaringan kulit rusak atau rosacea-prone skin, yang biasanya terjadi selama menopause. "Pembuluh darah di kulit lebih reaktif," ujar Dr. Ostad. Karena makanan pedas melebarkan pembuluh darah, wanita menopause akan mengalami kulit yang berjerawat dan tidak segar. Anda tetap boleh menikmati makanan pedas sesekali. Ingat bahwa porsi pedas yang berlebihan juga dapat menyebabkan bengkak, varises, atau kemerahan pada kulit.


Susu
Susu diperkirakan mempengaruhi timbulnya jerawat karena hormon yang dikandungnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa ada hubungan yang jelas antara mereka yang minum susu secara teratur dan timbulnya jerawat.

Menariknya, mereka yang minum susu skim menderita jerawat terburuk, dengan 44 persen kemungkinan mengembangkan cacat. Diperkirakan bahwa proses pengolahan susu meningkatkan kadar hormon dalam minuman.
Sebuah penelitian yang lebih baru, yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan resiko jerawat sedang sampai parah meningkat dengan peningkatan konsumsi susu.


Semangka
Buah segar satu ini ternyata bisa memberikan efek kulit berjerawat bila dikonsumsi berlebihan. Hal ini bisa terjadi karena dipicu fluktuasi hormon akibat konsumsi semangka.

Semangka termasuk makanan yang mudah diserap ke dalam aliran darah dengan cepat. Semangka diteliti memiliki efek langsung pada tingkat keparahan jerawat karena fluktuasi hormon yang dipicu. Semangka juga menyebabkan lonjakan kadar hormon termasuk insulin yang diduga meningkatkan produksi sebum--substansi berminyak yang membentuk blok pori-pori, menyebabkan bintik-bintik.

Lemak jenuh
Selain junk food, lemak jenuh yang juga berbahaya bagi kesehatan kulit adalah keju biru atau keju lunak seperti stilton dapat mendatangkan malapetaka untuk kulit. Dermatologist, Dr Ross Perry, dari Klinik Kulit Cosmedics di Harley Street, London, mengatakan kepada Mail Online, keju dapat memicu jerawat karena produksi hormon penyebab jerawat.

Makanan laut
Udang, lobster, dan kerang adalah makanan laut yang tinggi yodium. Kandungan yang tinggi akan zat ini membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Timbulnya jerawat lebih disebabkan karena iodin yang terakumulasi. Jadi, jika wajah Anda cenderung mudah berjerawat sebaiknya kurangi makanan laut. Jangan setiap hari, cukup satu-dua kali dalam sebulan.

Agar kulit tetap cantik dan sehat, berikan saja asupan yang terbaik untuk kulit. Pilah-pilih nutrisi yang memang memberikan efek baik sehingga cantik tak hanya dari bantuan produk kecantikan semata.
Contoh nutrisi yang baik untuk kulit adalah  asam lemak omega 3. Berbagai nutrisi penting di dalamnya telah terbukti dapat meningkatkan kelembaban kulit. Perlu diketahui bahwa kecerahan kulit sangat dipengaruhi oleh tingkat kelembaban.


VitaminC juga merupakan salah satu antioksidan penting untuk menjaga jaringan ikat pada kulit. Vitamin C juga sangat efektif dalam mengurangi keriput di kulit. Selain itu, Vitamin C berperan penting dalam melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kulit yang rusak. Bila perlu tambahkan suplemen vitamin C dengan dosis tepat untuk lebih mengoptimalkan kesehatan kulit juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Sumber:
dailymail.com, Healthline & Buzzle, artikelkesehatan99.com, Women's Health 

0 comments:

Post a Comment