Wednesday 14 October 2015

Selalu ada sebuah cerita unik dari setiap perjalanan. Termasuk cerita yang satu ini: Alkisah ada serombongan turis Indonesia yang bergerilya ke Manila dan akhirnya menemukan makanan unik bernama "Balot."

Dengan harga yang hanya sekitar 40 peso, satu buah balot sudah ada di tangan. Makanan yang satu ini membuat para pelancong itu melongo ketika melihat tampilan di dalamnya. What was that? Balot adalah sebuah telur bebek utuh yang isinya bukanlah telor rebus biasa, namun sebuah embrio bebek yang belum menjadi seekor bebek tapi masih berupa telur.

Balot merupakan jajanan kreasi masyarakat Filipina dan rata-rata dijajakan ketika senja menyapa sampai malam hari. Sekilas, bentuknya hampir sama dengan telur asin kebanyakan. Namun, begitu dibuka, perbedaan besar bakal terlihat. Di dalam telur tersebut terdapat anak bebek yang hampir jadi. Ada bulu-bulu tipis, mata kecil, maupun kaki si calon anak bebek. Meski begitu, tak ada bau busuk dari dalam balot tersebut. Baunya hampir sama dengan telur asin umumnya.

Cara pembuatan balot ini hampir sama dengan proses menetaskan telur, yaitu telur bebek yang sudah di buahi bakal di inkubasi dan pada hari ke 9, telur akan di terawang untuk mengetahui apakah sudah ada calon anak bebek atau tidak. Jika ada maka di pertahankan sampai hari ke 17, setelah itu telur direbus dan jadilah BALOT. Yang harus benar-benar diperhatikan, telur harus berusia 17 hari, karena bila usia telur lebih tua maka bulu embrio yang ada di dalam balot akan banyak sekali dan ini tidak disukai oleh pembeli.

Didalam balot ada cairan berlendir yang dipercaya memiliki khasiat berjuta. Sebutir telut bebek sendiri, menurut dr Saptawati Bardosono, MSc, SpGK dari Departemen ilmu gizi FKUI, memiliki kandungan 10 persen vitamin B6, 14 persen folat (vitamin B9), 15 persen vitamin A, 22 persen riboflavin (vitamin B2), 26 persen asam pantotenat (vitamin B5), dan 158 persen vitamin B12. Selain itu, yang terpenting adalah kandungan protein yang tinggi juga menjadi daya tarik makanan yang biasanya dikonsumsi dengan tambahan garam, cuka atau cabe ini.

Zat besi yang terdapat dalam telur bebek juga bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah. Darah merah ini berfungsi dalam membawa dan mengangkut oksigen yang ada di dalam tubuh dan diedarkan ke seluruh tubuh, tidak hanya itu saja zat besi juga berfungsi dalam menghasilkan energi bagi tubuh.

Pelanggan yang membeli balot yang rata-rata pria dewasa mengutarakan testimoni bahwa setelah mengonsumsi balot, gairah meningkat dan lebih berstamina. It is real! Seperti halnya telur ayam kampung, manfaat telur bebek juga dinilai mampu mengatasi masalah vitalitas seksual kaum pria. Mengonsumsi telur bebek yang dapat meningkatkan gairah seks pernah dibenarkan oleh Dr.Bambang Sukamto dari On Clinic Jakarta. Ini dikarenakan telur bebek banyak mengandung lemak dan protein yang mampu mendorong perkembangan hormon testosteron serta sperma. Itulah mengapa khasiat telur bebek baik untuk meningkatkan kinerja seks pria.

Tapi hati-hati...tidak seperti SUPERVIRA yang juga dapat meningkatkan gairah sekaligus menambah stamina pria tanpa ada efek samping, balot sangat berbahaya bagi kaum pria yang memiliki riwarat penyakit jantung. Disarankan tidak mengonsumsi makanan yang ternyata kaya akan kolesterol ini, karena alih-alih membuat Anda perkasa, tapi malah tumbang. Di dalam 100 gram telur bebek yang dibikin balot  mengandung sekitar 884 mg kolesterol dan 3.68 gram asam lemak jenuh yang sudah jelas berbahaya bagi kesehatan.

Sumber :
Bidanku.com, dokterdigital.com, menshealth.com

0 comments:

Post a Comment